Game Online

Manfaat Kesehatan Bermain Game Online

Daya tarik universal dari game online sangat mencengangkan. Penelitian menunjukkan bahwa satu dari empat pengguna internet mengunjungi situs web game online, menjadikan total tahunan lebih dari 217 juta pemain game online di seluruh dunia. Komunitas game online dihuni oleh orang-orang dari jenis kelamin dan semua kelompok umur. Di mana-mana, orang menghabiskan waktu bermain strategi, permainan papan dan trivia. Tapi apakah semua permainan ini sehat? Ya – mungkin lebih banyak cara dari yang Anda pikirkan.

Tingkatkan Memori dan Kembangkan Keterampilan Kognitif

Pemecahan masalah telah lama dikenal untuk meningkatkan fungsi otak, tetapi menemukan permainan yang tepat atau pasangan untuk bermain kadang-kadang membuatnya sulit untuk melatih keterampilan ini secara teratur. Saat ini baik tua maupun muda menemukan tantangan yang menyenangkan dan pemacu kognitif dalam game online yang menargetkan memori dan responsif. Game puzzle seperti Mahjong atau Sudoku, game trivia seperti Slingo MatchUms dan game strategi seperti Kedekatan mudah dipelajari dan mulai dimainkan, namun menawarkan tantangan berkelanjutan bagi pemain.

Orang dewasa cenderung menggunakan bagian-bagian tertentu dari otak mereka sering, sementara bagian lain kurang aktif. Dengan memainkan game yang fokus pada penalaran, logika, kecepatan dan memori, Anda dapat “melatih” bagian-bagian otak yang kurang digunakan itu. Penelitian telah menunjukkan bahwa ingatan, teka-teki, hal-hal sepele dan permainan logika dapat membantu mencegah demensia dan kelupaan yang terkadang datang seiring dengan usia tua. Menggunakan semua area otak dapat memiliki manfaat besar bagi Anda sekarang dan seiring bertambahnya usia.

Bagi anak-anak, tantangan yang sama ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif yang mereka alami saat mereka tumbuh. Di mana kecepatan dan memori mungkin tidak menjadi tantangan besar bagi anak berusia 13 tahun, kemungkinan penalaran dan logika berada. Game selalu menjadi bagian dari siklus pertumbuhan anak-anak. Bergantian bermain fisik dengan kebanyakan game online saat ini menawarkan keseimbangan yang sehat dan memberikan otak latihan yang dibutuhkan.

Bina Interaksi Sosial

Tantangan mental, permainan kooperatif dan alur cerita yang kaya menarik pemain game, tetapi bagian dari apa yang membuat game online sangat populer adalah interaksi sosial. Melalui interaksi online, pemain membangun hubungan kasual dan bermakna.

Melalui waktu yang dihabiskan dalam game multiplayer dan komunitas game online, pemain memiliki kesempatan untuk memperkuat hubungan yang ada dan bertemu orang baru. Mengobrol dengan mitra atau pesaing selama bermain menambah tingkat kenikmatan yang lebih tinggi pada permainan dan menciptakan rasa persahabatan. Pemain sering menemukan bahwa bermitra dengan seseorang untuk mengatasi tantangan yang sulit melalui pengalaman pribadi dan pengetahuan bisa sama memuaskannya secara online seperti di dunia nyata.

Tetap Terhubung

Game online multiplayer dan komunitas game online menawarkan peluang untuk mempromosikan interaksi sosial dalam hubungan yang ada. Ketika teman dan anggota keluarga terpisah satu sama lain, tetap berhubungan bisa menjadi tantangan terbaik. Tapi, hari ini kakek dan cucu bisa saling berhadapan setiap malam berjuang melawan catur, backgammon dan 8-ball, sementara teman-teman lama kampus bermain catur, bingo dan sub-perburuan – sambil berbicara tentang hari dan tetap terlibat dalam hidup masing-masing.

Penyakit dan Pemulihan

Ada juga potensi game online untuk membantu keluarga menangani penyakit kronis dan masalah kesehatan lainnya. Pada 2006, Starlight Starbright Children’s Foundation nirlaba merilis beberapa game online yang dirancang untuk membantu anak-anak memahami dan mengatasi penyakit serius. Game bisa lebih mudah dipahami daripada buku dan pamflet, terutama ketika berhadapan dengan kesehatan. Dari berjuang melawan sel kanker hingga memahami tulang, dari manajemen nyeri hingga mengelola disleksia, game online gratis memungkinkan keluarga menggunakan imajinasi dan kreativitas, sambil membuka pintu menuju pemahaman dan pemulihan.